3 Manfaat Kesehatan Mengonsumsi Bayam

Bayam termasuk sayuran hijau yang banyak dikonsumsi untuk beragam masakan. Bayam termasuk sayuran yang rendah kalori. Kandungan nutrisi bayam berguna meningkatkan untuk imunitas tubuh, seperti dikutip dari WebMD.

Mengutip Healthline, bayam memiliki nutrisi seperti kalori, air, protein, karbohidrat, gula, serat dan juga lemak. Bayam juga memiliki beberapa kandungan vitamin dan mineral termasuk potasium, magnesium, dan vitamin B6, vitamin B9, dan juga vitamin E.

Apa saja manfaat bayam untuk kesehatan tubuh?

Stres oksidatif adalah kondisi radikal bebas yang berlebihan dalam tubuh. Adapun kandungan antioksidan bayam berguna mengatasi stres oksidatif. Tingginya kandungan antioksidan bayam, berguna untuk melawan radikal bebas penyebab peradangan seperti nyeri sendi.

Bayam mengandung zeaxanthin dan lutein yang merupakan karotenoid untuk kesehatan mata. Zeaxanthin dan lutein bekerja untuk mencegah degenerasi makula dan katarak, yang merupakan penyebab utama kebutaan.

Bayam mengandung monogalactosyl diacylglycerol (MGDG) dan sulfoquinovosyl diacylglycerol (SQDG) yang memperlambat pertumbuhan sel kanker. Senyawa ini berguna untuk memperlambat pertumbuhan tumor di leher rahim. Mengonsumsi bayam juga menurunkan risiko kanker prostat dan payudara.

ASMA AMIRAH

Leave a Reply

Your email address will not be published.