5 Kebiasaan Ini Cegah Asam Lambung Naik

Asam lambung adalah cairan pencernaan yang mengandung asam klorida (HCL) dan enzim pencernaan. Asam lambung memecah makanan dan membunuh bakteri berbahaya. Namun akan berbahaya jika asam lambung naik ke kerongkongan atau esofagus yang menyebabkan refluks asam lambung.

Dilansir dari Medical New Today, menurut American College of Gastroenterology (ACG), refluks asam lambung menyebabkan penderitanya merasakan sensasi terbakar di dada dan belakang tulang dada. Ketidaknyamanan bisa naik ke kerongkongan. Pada kondisi tertentu mungkin juga mengalami rasa pahit atau asam di mulut.

Normal jika asam lambung naik sesekali pada seseorang. Tetapi jika asam lambung naik terjadi lebih dari dua kali dalam seminggu mengakibatkan kondisi yang lebih parah yaitu gastroesophageal reflux disease (GERD).

Untuk mencegah kondisi lebih parah lagi, penting untuk mencegah naiknya asam lambung ke kerongkongan. Berikut cara mencegah agar asam lambung tidak naik dikutip dari laman resmi Harvard Medical School:

1. Makan dalam jumlah atau porsi kecil

Penyebab asam lambung naik tidak hanya disebabkan oleh telat makan. Namun, kekenyangan juga akan menyebabkan hal yang sama. Maka dari itu dianjurkan untuk makan tepat waktu dan cobalah makan lebih sering dalam porsi kecil daripada tiga kali makan besar setiap harinya.

2. Menurunkan berat badan

Orang dengan obesitas disebut lebih rentan mengalami naiknya asam lambung. Dikarenakan kelebihan berat badan menyebarkan struktur otot yang mendukung sfingter esofagus (cincin otot dikerongkongan) bagian bawah. Otot ini dapat membuka dan menutup saluran kerongkongan.

Makanan dapat masuk ketika otot ini mengendur sehingga makanan dapat masuk ke kerongkongan menuju lambung. Setelah itu sfingter esofagus kembali menegang dan tertutup.

Namun, pada pengidap penyakit asam lambung, dapat mengurangi tekanan tertutupnya otot ini sehingga menyebabkan naiknya asam lambung ke kerongkongan.

3. Hindari minuman dan makanan mengandung gas

Minuman mengandung gas, seperti soda dapat menimbulkan sendawa. Ketika bersendawa asam lambung akan naik kerongkongan. Dianjurkan untuk minum air putih dari pada air soda.

Selain minuman, terdapat beberapa jenis buah-buahan dan sayuran mengandung gas seperti singkong, durian, dan buah kering. Dikutip dari laman Rumah Sakit Jakarta Medical Center, bagi penderita asam lambung, hindari mengonsumsi makanan yang mengandung gas tinggi dan akan memicu maag kembali dengan cepat,

4. Hindari olahraga berat

Hindari olahraga berat selama beberapa jam setelah makan. Tidak apa-apa jika hanya sekadar berjalan-jalan setelah makan malam. Tetapi olahraga yang berat, terutama terdapat gerakan membungkuk, menyebabkan naiknya asam lambung ke kerongkongan.

5. Hindari tidur setelah makan

Saat berdiri atau duduk, gravitasi membantu asam lambung tetap berada di tempatnya. Dianjurkan untuk selesai makan tiga jam sebelum tidur.

Dikutip dari laman Dinas Kesehatan Batam, langsung tidur setelah makan menyebabkan tekanan di dalam lambung meningkat sehingga makanan dan asam lambung dapat naik kembali ke kerongkongan.

WILDA HASANAH

Leave a Reply

Your email address will not be published.