5 Manfaat Berlari bagi Kesehatan Mental

Semua dari kita tentu sudah tahu bahwa olahraga bermanfaat bagi tubuh. Berlari adalah salah satu bentuk olahraga yang banyak dipilih. Olahraga bukan hanya tentang kapasitas aerobik dan ukuran otot. Lebih dari itu, olahraga lari mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh secara luas.

Namun, tahukah Anda bahwa olahraga lari dapat berperan sebagai terapi bagi kesehatan mental? Berikut lima manfaat dari berolahraga lari untuk meningkatkan kesehatan mental:

Manfaat pertama dari berolahraga lari untuk kesehatan mental adalah mengurangi stres. Setelah Anda berlari, endocannabinoid akan dilepaskan di tubuh Anda, yang merupakan zat biokimia yang diproduksi secara alami di tubuh. Melansir dari laman Web MD, zat ini akan membanjiri aliran darah dan kemudian bergerak ke otak. Akhirnya, akan memberikan perasaan untuk mengurangi stres dan ketenangan dalam jangka pendek.

Manfaat berikutnya adalah mengurangi gejala depresi. Laman Podium Runner menyebutkan, berbagai penelitian telah menyimpulkan bahwa olahraga aerobik secara teratur dapat mengurangi gejala depresi klinis.

Penelitian lain menunjukkan bahwa lari sama efektifnya dengan intervensi untuk depresi seperti psikoterapi. Peserta penelitian ditugaskan ke salah satu dari tiga kelompok, yakni kelompok lari, kelompok terapi perilaku kognitif, dan kelompok yang menerima kedua intervensi. Hasilnya, ketiga kelompok mengalami penurunan gejala depresi yang sama signifikannya. Namun, dengan sedikit perbedaan dalam hasil antara kelompok lari dan kelompok terapi perilaku kognitif.

Berlari juga dapat mengurangi kecemasan dan depresi. Ketika Anda berlari, sirkulasi darah ke otak meningkat dan bagian otak yang merespons stres dan memperbaiki suasana hati akan terpengaruh. Akibatnya, terjadi perubahan sementara yang meningkatkan reaksi Anda terhadap situasi stres.

Berlari telah terbukti membantu Anda mengatur jadwal tidur agar lebih normal. Bahan kimia yang dilepaskan selama dan setelah berlari membuat tubuh menjadi rileks. Dengan demikian, akan mendorong Anda menjadi tidur nyenyak. Memiliki jadwal tidur yang teratur merupakan hal yang sangat baik untuk otak dan meningkatkan kesehatan mental Anda.

Mengurangi kecemasan juga termasuk manfaat dari berlari untuk meningkatkan kesehatan mental. Berlari dan olahraga berat lainnya dapat mengurangi gejala kecemasan dan membantu Anda menjadi rileks. Berdasarkan penelitian yang dikutip oleh Anxiety and Depression Association of America, berlari dapat bekerja sebaik obat untuk meredakan kecemasan.

Berlari terbukti baik untuk tubuh secara fisik. Di samping itu, penelitian juga menunjukkan bahwa lari juga memiliki banyak manfaat penting bagi pikiran dan mental. Rutinitas berlari secara rutin dapat menghasilkan sejumlah efek positif pada kesehatan mental.

ANNISA FEBIOLA

Leave a Reply

Your email address will not be published.