Apa Saja yang Diperiksa Saat Medical Check Up?

Medical Check Up (MCU) merupakan salah satu langkah preventif untuk mencegah komplikasi. Selain itu, medical check up yang dilakukan secara rutin juga bertujuan agar Anda mengetahui kondisi tubuh Anda.

Melakukan medical check up juga merupakan waktu untuk memeriksa gaya hidup Anda untuk melihat perbaikan apa yang dapat dilakukan. Mengutip dari Betterhealth.gov.vic.au, Medical Check Up mungkin merupakan sesuatu yang Anda lakukan sendiri atau diskusikan dengan tenaga kesehatan.

Ketika Anda melakukan Medical Check Up, dokter Anda akan memberitahu Anda mengenai riwayat kesehatan Anda, riwayat penyakit keluarga, serta gaya hidup Anda. Diet Anda, berat badan, seberapa banyak Anda berolahraga, dan apakah Anda merokok dan minum alkohol atau menggunakan obat-obatan terlarang juga akan dibahas.

Apa saja yang akan diperiksa saat Medical Check Up?

Riwayat kesehatan terkiniTenaga kesehatan mungkin akan meminta update mengenai adanya perkembangan maupun perubahan dalam riwayat kesehatan Anda yang mungkin termasuk pertanyaan mengenai pekerjaan dan hubungan Anda, obat-obatan, alergi, suplemen, atau operasi baru-baru ini.

Pemeriksaan tanda vitalDalam tahap ini, dokter akan membaca tekanan darah serta memeriksa detak jantung dan laju pernapasan Anda. Tekanan darah perlu diperiksa setidaknya satu tahun sekali sampai tiga tahun sekali tergantung riwayat kesehatan Anda.

Visual examDalam tahap ini, dokter akan memeriksa bagian tubuh Anda, seperti kepala, mata, dada, perut, sistem muskuloskeletal, seperti tangan dan pergelangan tangan Anda, dan fungsi sistem saraf, seperti cara Anda berbicara dan berjalan.

Pemeriksaan fisikDokter akan memeriksa Anda dengan cara menyentuh, atau “meraba,” bagian-bagian tubuh Anda (seperti perut Anda) untuk merasakan ketidaknormala, memeriksa kulit, rambut, dan kuku. Mengutip dari Ciputramedicalcenter.com, dokter mungkin akan memeriksa alat kelamin dan dubur serta menguji fungsi dan refleks motorik Anda.

Tes laboratoriumSetelah itu dokter akan mengambil darah untuk beberapa tes laboratorium yang dapat mencakup cek darah dan panel metabolisme lengkap Panel akan menguji plasma darah Anda yang nantinya akan menunjukkan masalah pada organ Anda seperti ginjal, hati, kimia darah, dan sistem kekebalan tubuh.

Pemeriksaan laboratorium membantu mendeteksi adanya kejanggalan dalam tubuh Anda yang mungkin akan menimbulkan penyakit yang lebih parah.

Pada tahap Medical Check Up ini, dokter mungkin akan melakukan skrining diabetes dan skrining tiroid. Apabila Anda memiliki peningkatan risiko serangan jantung, penyakit jantung, atau stroke, mereka juga dapat melakukan panel lipid (tes kolesterol).

VALMAI ALZENA KARLA

Leave a Reply

Your email address will not be published.