Balap Motor Dunia Bawa Pengalaman Jaringan 5G ke Mandalika

Jaringan 5G menjamah untuk pertama kalinya Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Pengalaman jaringan ultra-broadband terkini itu tepatnya mendarat di Mandalika International Street Circuit yang sedang menjadi tuan rumah World Superbike 2021, dan menyusul MotoGP 2022.

Jaringan itu digelar oleh Telkomsel, operator 5G pertama di tanah air, dengan dukungan 4 unit BTS di kawasan Mandalika. “Sekaligus untuk menghadirkan pengalaman digital teknologi terbaru sepanjang event World Superbike 2021 dan MotoGP 2022,” kata Direktur Utama Telkomsel, Hendri Mulya Syam, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu 20 November 2021.

Selama berlangsugnya perhelatan olahraga otomotif tingkat internasional tersebut, masyarakat serta pengunjung dapat menikmati, di antaranya, pengalaman digital untuk pemanfaatan teknologi VR 360 yang menampilkan keindahan destinasi wisata di Nusa Tenggara Barat. Selain itu dihadirkan pula 5G Robot dan VR Cloud Gaming. Seluruhnya menggunakan jaringan 5G melalui gelaran showcase ‘Telkomsel 5G Experience Center’ yang berada di kawasan Mandalika International Street Circuit.

Telkomsel, Hendri menerangkan, juga memastikan ketersediaan konektivitas jaringan mobile broadband 4G/LTE untuk mendukung kenyamanan pengalaman aktivitas digital masyarakat Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Bukan hanya untuk menikmati dan mengabadikan keseruan balap motor tingkat dunia, tapi juga sebagai implementasi komitmen Telkomsel untuk mendukung digitalisasi di Mandalika, salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Untuk kawasan Mandalika International Street Circuit, Telkomsel telah seluruhnya melakukan penguatan kapasitas dan kualitas jaringan untuk 7 BTS 4G/LTE, dengan tambahan 3 unit Compact Mobile BTS (Combat). Dengan jaringannya itu, Telkomsel memastikan kelancaran aktivitas internet dan digital tim operasional Mandalika Grand Prix Association (MGPA), pengunjung dan tim peserta balap motor event World Superbike 2021 dan MotoGP 2022.

Sedangkan untuk mendukung sektor pariwisata, Telkomsel juga telah melakukan optimalisasi 13 unit BTS 4G/LTE dan diperkuat tambahan 3 unit Combat. Jaringan ini menjangkau area penginapan, lokasi kuliner, medical center, titik transit transportasi seperti bandara, serta tempat wisata. Lalu ada 21 unit BTS 4G/LTE dengan penambahan 2 unit Combat yang menjangkau jalur jalan raya di kawasan Mandalika.

“Kami meyakini, inisiatif kehadiran pengalaman konektivitas digital berteknologi terkini melalui jaringan dan layanan Telkomsel 5G juga dapat menjadi langkah awal dalam melanjutkan dukungan kepada peningkatan ekonomi digital masyarakat di NTB, terutama untuk sektor pariwisata lokal agar bisa bersaing di kancah global,” kata Hendri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.