Hari Ini 18 Tahun Lalu, Kilas Balik Apple Resmi Memasarkan iPod Mini

TEMPO.CO, Jakarta -Apple Inc mulai memasarkan iPod Mini pada awal 2004 atau 18 tahun silam yang merupakan versi miniatur dari piranti pemutar musik iPod.

Produk ini diumumkan pada 6 Januari 2004, dan dijual secara umum di Amerika Serikat pada tanggal 20 Februari di tahun yang sama.

iPod Mini dapat digunakan menggunakan komputer bersistem operasi Macintosh dan Windows, yang disertai kemampuan terbatas bila digunakan dengan sistem operasi Linux atau sejenisnya. Generasi kedua dari peranti ini diperkenalkan pada tanggal 23 Februari 2005.

Mengutip laman History Computer di alamat historycomputer.com, iPod Mini generasi pertama dibedakan oleh tiga fitur utama, meliputi:

Pertama, tersedia dalam lima warna dan menampilkan casing aluminium, sehingga memberikan tampilan berbeda secara signifikan pada jajaran iPod.

Kedua, produk ini pertama kali menampilkan roda klik iPod. Di iPod generasi ketiga, tombol seperti play, next track, dan back adalah tombol individual di atas roda klik. Ketiga, iPod Mini memiliki MSRP awal $249, yang lebih rendah dari label harga awal $299.

Sedang itu, iPod Mini generasi kedua yang terbit pada Februari 2005 memiliki warna yang lebih banyak dari generasi pertama, serta memiliki harga lebih murah. iPod Mini generasi kedua dijual seharga $199 untuk penyimpanan 4GB dan $249 untuk penyimpanan 6GB. Selain itu, masa pakai baterai iPod Mini generasi kedua lebih tahan lama.

Meski sangat populer sesaat setelah diluncurkan, produk iPod Mini dihentikan pada 7 September 2005. Apple lalu menggantikannya dengan iPod Nano. Pengganti iPod Mini ini diproduksi sampai 2017.

DELFI ANA HARAHAPBaca : Xiaomi Ikrar Perang Hidup dan Mati Lawan Apple untuk Jadi Merek Terbesar

Leave a Reply

Your email address will not be published.