Karet Wiper Mobil Kendur, Pakai Cairan Ini untuk Mengencangkan

Wiper mobil adalah komponen yang kerap kali diabaikan perawatannya. Padahal karet wiper yang jarang dirawat, akan menyebabkan getas atau mengendur.

Jika karet wiper mengeras, kaca mobil bisa menajdi korban. Sedangkan penyebab karet wiper mobil kendur beragam, mulai faktor usia, cuaca, hingga kelalaian pemiliknya.

pengerasan karet wiper mobil kerap kali terjadi saat musim kemarau panjang. Karet wiper yang mengeras dan mengendur bisa juga disebabkan jamur atau kerak yang tumbuh subur pada wiper.

Cara mengetahui karet wiper getas atau kendur bisa dilihat dari warnanya yang biasanya sedikit lebih usang dan mengkilap. kemudian saat ditekan, karet wiper terasa keras dan kendur. Jika itu terjadi, sebaiknya perlu melakukan penggantian karet wiper dengan yang baru.

Mengatasi karet wiper yang getas dan kendur juga bisa dilakukan dengan menggunakan cairan tertentu. Berikut adalah tips mengembalikan elastisitas karet wiper mobil yang getas atau kendur dilansir dari laman Daihatsu hari ini, Jumat, 31 Desember 2021:

1. Minyak Zaitun atau Minyak BayiSalah satu cara mengembalikan elastisitas karet wiper yang getas dan kendur adalah dengan mengoleskan minyak zaitun atau minyak bayi. Minyak ini bisa melunakkan karet yang mulai mengeras, tapi ini bersifat sementara.

Sebelum mengoleskan minyak, pastikan wiper mobil dibersihkan terlebih dahulu dengan kain atau lap yang dibasuh air hangat.

2. Menggunakan Air CukaTips dari Daihatsu adalah rendam wiper mobil dengan air cuka dan tunggu beberapa saat agar bereaksi. Setelah itu, gosok perlahan dengan spons cuci piring dan lakukan gerakan searah secara berulang.

Apabila karet wiper mobil masih keras, rendam kembali dalam durasi yang lebih lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published.