Mobil Balap Formula E Gen3 Diluncurkan, Top Speed Mencapai 320 Km per Jam

Fédération Internationale de l’Automobile (FIA) resmi memperkenalkan mobil balap Gen3 yang akan digunakan pada ajang balap mobil listrik Formula E. Mobil baru ini diklaim lebih cepat, lebih ringan, dan lebih kuat dibanding generasi sebelumnya.

Melansir laman Hindustan Times hari ini, Rabu, 1 Desember 2021, mobil balap Gen3 dijadwalkan akan melakoni debutnya di musim kesembilan Formula E. Menurut FIA, Gen3 juga akan menjadi patokan untuk mobil balap berkinerja tinggi yang berkelanjutan.

“Ini adalah mobil yang dirancang untuk habitatnya, berlomba di jalan-jalan kota dalam pertempuran roda-ke-roda. Kami berharap dapat menyaksikannya menginspirasi dan menggairahkan generasi penggemar motorsport berikutnya di kota-kota di seluruh dunia,” kata CEO Formula E Jamie Reigle.

Bicara desain, mobil balap Gen3 ini terinspirasi dari sayap delta jet tempur untuk menjaga fokus pada efisiensi aerodinamis. Kendaraan ini juga diklaim sebagai mobil balap paling efisien di dunia karena sekitar 40 persen dari energi yang digunakan dalam perlombaan dihasilkan oleh pengereman regeneratif selama balapan.

Mobil ini akan datang sebagai mobil Formula pertama dengan powertrain depan dan belakang. Powertrain depannya menghasilkan daya 250 kW dan powertrain belakang 350 kW, dan secara total mobil balap Gen3 ini mampu menyemburkan tenaga maksimal 600 kW. Soal kecepatan, Gen3 mampu melesat hingga kecepatan maksimal 320 km/jam.

Selain berkinerja tinggi, mobil balap ini juga hadir sebagai model dengan nol karbon. Bagian-bagian serat karbon yang rusak dari industri penerbangan dan kedirgantaraan akan didaur ulang untuk digunakan sebagai serat baru dalam model ini. FIA juga mengklaim bahwa mobil Gen3 menggunakan ban yang terbuat dari bahan berkelanjutan sebanyak 26 persen.

DICKY KURNIAWAN | HINDUSTAN TIMES

Leave a Reply

Your email address will not be published.