Portofolio Tak hanya untuk Melamar Pekerjaan, Tapi juga Evaluasi Perusahaan

Ketika melamar pekerjaan, portofolio akan diajukan untuk syarat administrasi pelamar. Mengutip artikel Membuat Portofolio Pribadi Menarik dalam Mempersiapkan Diri Melamar Pekerjaan bagi Orang Muda Binaan Marga Sejahtera, portofolio juga menunjukkan kecapakan usaha pelamar dalam bidang tertentu.

Portofolio merupakan rekam jejak yang mendokumentasikan perkembangan kegiatan yang dilakukan seseorang terhadap suatu keahlian tertentu. Portofolio menjadi gambaran pengalaman kegiatan, maka sebaiknya dituliskan secara lengkap. Hal utama mengenai berbagai kegiatan yang berhubungan dengan pekerjaan yang dilamar.

Portofolio tidak hanya diajukan ketika melamar pekerjaan. Portofolio juga termasuk sarana penilaian perusahaan dalam membuktikan proses dan kegiatan karyawan dalam bidang tertentu. Portofolio meliputi koleksi dokumentasi yang sistematis, sehingga bisa dijadikan dasar pengujian proses maupun perbaikan prestasi dan karya.

Beragam nilai yang mendasari pemanfaatan portofolio akan meyakinkan dalam pengembangan prosedur untuk perencanaan. Portofolio juga dipakai untuk bidang kesenian. Saat mengajukan karya seni maupun keahlian, para artis, musisi, aktor, model akan melampirkan portofolio. Adapun portofolio yang diajukan terkait kegiatan yang telah dilakukan mereka.

GERIN RIO PRANATA

Leave a Reply

Your email address will not be published.