Selain Soal Hormon, Berikut 6 Penyebab Kulit Berminyak

Kulit berminyak merupakan salah satu hasil dari produksi sebum yang berlebihan dari kelenjar sebaceous yang terletak di bawah permukaan kulit. Sebum adalah zat lilin dan minyak alami yang berfungsi melindungi dan menghidrasi kulit. Minyak ini bersama dengan keringat, dikeluarkan melalui pori-pori.

Namun, jika produksi sebum berlebih, kulit menjadi berminyak dan pori-pori tersumbat. Kondisi ini dapat menyebabkan sejumlah gangguan pada kulit. Penyebab kulit bermintyak pada seseorang disebabkan oleh berbagai faktor.

Berikut faktor-faktor penyebab kulit berminyak:

1. Genetik

Penyebab mendasar dari kulit berminyak adalah faktor keturunan atau genetik. Jika seseorang dilahirkan dari orang tua dengan jenis kulit berminyak, maka kemungkinan besar akan memiliki kelenjar sebaceous yang terlalu aktif.

2. Hormon

Sebagaimana dijelaskan dalam foreo.com, kulit berminyak dan hormon memiliki keterkaitan satu sama lain. Hormon bertanggung jawab dalam memproduksi minyak seperti merangsang peningkatan sebum. Biasanya kondisi tersebut ketika memasuki masa pubertas, sebelum menstruasi, masa kehamilan, dan selama menopause. Stres dan penyakit dapat memicu tubuh melepaskan hormon ekstra sehingga meningkatkan produksi sebum.

3. Stres

Melansir dari verywellhealthy.com, ketika seseorang stress, tubuh melepaskan hormon stress ke dalam aliran darah. Salah satu hormon yang berhubungan dengan stres, yaitu hormon pelepas kortikotropin. Hormon jenis ini diketahui mampu mengikat kelenjar sebaceous kulit sehingga meningkatkan produksi minyak.

4. Lingkungan

Dikutip dari foreo.com, lingkungan tempat tinggal memengruhi produksi sebum kulit. Lingkunagan dengan kelembaban dan cuaca panas cenderung merangsang sekresi sebum, yang menyebabkan produksi minyak berlebih. Sebaliknya, di iklim kering atau dingin, kulit bisa mengering,sehingga kelenjar minyak bekerja berlebihan untuk mengimbanginya.

5. Pori-pori membesar

Pori-pori yang lebih besar juga cenderung menghasilkan lebih banyak minyak, seperti dijelaskan dalam healthline.com. Pori-pori besar disebabkan oleh beberapa faktor, seperti usia, peningkatan berat badan dan jerawat sebelumnya.

6. Kosmetik dan produk perawatan kulit

Kulit berminyak juga dapat disebabkan oleh penggunaan produk perawatan kulit atau kosmetik yang salah. Selain itu, pemakaian skincare secara secara berlebihan, melewatkan pelembab, atau tidak memakai tabir surya turut memengaruhi produksi sebum.

NAOMY A. NUGRAHENI

Leave a Reply

Your email address will not be published.