Tips Fotografi buat Pemula yang Pegang Kamera SLR

TEMPO.CO, Jakarta -Saat ini, aktivitas fotografi semakin diminati. Beberapa orang menekuninya sebagai pekerjaan, sementara beberapa yang lain menekuninya sebagai hobi.

Untuk menyesuaikan kebutuhan dan tujuan fotografi, ada berbagai jenis kamera yang bisa digunakan. Salah satunya adalah kamera Single Lens Reflex (SLR).

Dikutip dari laman p2k.um-surabaya.ac.id, Jumat, 31 Desember 2021, kamera SLR adalah kamera yang memakai sistem jajaran lensa jalur tunggal untuk melewatkan berkas cahaya menuju dua tempat, yaitu Focal Plane dan Viewfinder. Hal ini memungkinkan fotografer melihat objek melewati kamera yang sama persis seperti hasil fotonya.

Kamera SLR menggunakan pentaprisma yang diletakkan di atas jalur optikal melewati lensa ke lempengan film. Cahaya yang masuk kemudian dipantulkan ke atas oleh kaca cermin pantul dan mengenai pentaprisma.

Pentaprisma belakang akan memantulkan cahaya beberapa kali hingga mengenai jendela bidik. Saat tombol dilepaskan, kaca membuka jalan bagi cahaya sehingga cahaya bisa langsung mengenai film.

Melansir laman slrphotographyguide.com, seseorang yang baru pertama kali mencoba kamera SLR lebih disarankan untuk menggunakan pengaturan otomatis. Carilah simbol pada tombol mode kamera yang terlihat seperti persegi panjang.

Ketika kamera aktif secara otomatis, seluruh pengaturan penting seperti ISO, Aperture, dan eksposur dibuat sedemikian rupa sehingga tidak perlu menebak-nebak.

Selain itu, lensa kamera sebaiknya juga diatur ke fokus otomatis. Kamera SLR yang menyediakan opsi fokus otomatis biasanya memiliki tanda huruf AF di samping.

Untuk memfokuskan, tekan tombol rana setengah ke bawah. Jika telah fokus dengan benar, tekan sepenuhnya ke bawah.

Proses memfokuskan dan mengambil bidikan dengan kamera SLR ini selaku dilakukan dengan dua langkah agar hasil fotografi sesuai kepentingannya.

SITI NUR RAHMAWATIBaca : Cara Memperbesar Resolusi Gambar dengan Photoshop, ini Langkahnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.