Vokasi UI Buka Pusat Layanan Fisioterapi dan Terapi Okupasi

Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI) meresmikan Vocation Wellness Center (VWC), yang merupakan pusat layanan kesehatan yang berfokus pada fisioterapi dan okupasi terapi. Direktur Program Pendidikan Vokasi UI, Padang Wicaksono berharap pelayanan kesehatan yang diberikan akan semakin meningkat dan terus bertambah.

“Agar para masyarakat juga dapat menerima manfaat pelayanan kesehatan yang baik dari VWC,” ujar Padang dikutip dari laman resmi UI pada Rabu, 9 Februari 2022.

Padang mengatakan layanan tersebut diperuntukkan bagi warga UI serta masyarakat umum. Pelayanan kesehatan yang diberikan di VWC meliputi terapi wicara, akupunktur, sensori integrasi, baby massage, snoezelen atau terapi relaksasi, serta pelayanan terapi lainnya.

Dia menjelaskan VWC dibuka guna memenuhi kebutuhan masyarakat dan atas dorongan berbagai pihak, terutama ketika masyarakat berada di tengah situasi pandemi Covid-19. Saat ini, VWC bekerja sama dengan komunitas Rumah Cerebral Palsy, yakni komunitas para orangtua yang memiliki anak pengidap lumpuh otak (cerebral palsy).

Hal ini dilakukan sebagai salah satu bentuk kontribusi nyata Vokasi UI, yakni dengan memberikan layanan terapi secara gratis untuk para pasien dari komunitas tersebut. Dalam satu hari, VWC bisa menerima pasien dari Rumah Cerebral Palsy sebanyak 4 sampai 5 pasien.

Selama kondisi pandemi Covid-19, kata dia, pelaksanaan layanan kesehatan dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat sesuai dengan arahan dari pemerintah. Bagi pasien yang ingin terapi dapat mendaftarkan diri melalui tautan bit.ly/DaftarKonsulVWC.

Setelah mendaftar, pasien akan dihubungi untuk konfirmasi jadwal konsultasi. Setelah itu, pasien akan diminta untuk hadir sesuai jadwal konsultasi yang sebelumnya telah disepakati. Pasien akan mendapatkan program terapi dari tenaga profesional sesuai dengan kebutuhannya.

Kepala VWC, Aditya Denny Pratama, menyampaikan beberapa keluhan pasien yang sering muncul di masa pandemi, seperti gangguan saraf, gangguan tulang, gangguan otot, dan lainnya. “Pelayanan kesehatan dari VWC tidak terbatas hanya pada pasien dewasa saja, melainkan juga pada pasien anak-anak, misalnya, keluhan seperti pre-school readiness, gangguan tumbuh kembang anak, komunikasi dan interaksi sosial anak, serta keluhan lainnya,” katanya.

Pelayanan di VWC diberikan oleh para tenaga profesional di bidangnya masing-masing, yakni dari para dosen di program studi Fisioterapi dan Terapi Okupasi di Program Pendidikan Vokasi UI. Selain menjadi tempat pelayanan kesehatan di bidang terapi, VWC juga menjadi wadah pembelajaran bagi para mahasiswa Fisioterapi dan Okupasi Terapi, Vokasi UI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.